ADS LEVEL PAGE PERTOLONGAN PERTAMA LUKA TUSUK | LUKA TUSUK & PENANGGANANNYA
HEADER 336x280
responsive

PERTOLONGAN PERTAMA LUKA TUSUK

ADSENSE IN ARTICLE AD
ADSENSE 336x280 bawah judul

Kebanyakan Orang sangat khawatir apabila Mengalami luka tusuk pada tangan ataupun kaki. Karena Paku, Tusuk Sate dan benda-benda tajam lainnya dapat menyebabkan luka tusukan pada kulit. Selain itu luka tusukan sangat jarang dijahit, Karena tidak di jarit untuk itulah banyak yang khawatir dan bingung bagaimana cara mengobati luka tusuk pada kaki ataupun tangannya. Sebelum saya bagikan tips cara mengobati luka tusuk, ada beberapa hal penting yang perlu di ketahui sebelum melakukan pengobatan seperti :
  • Apakah ada jaringan dalam yang terluka ?
  • Apakah ada (kotoran atau benda) ditinggalkan dalam luka ?
  • Apakah korban memerlukan suntikan tetanus ?

Tips Cara Mengobati Luka Tusuk

Luka Tusu Sangat sering terjadi pada Lengan, Telapak Tangan dan Telapak Kaki. Sebuah tusukan yang dalam pada tubuh dapat menyebabkan cedera internal yang serius, jika terjadi demikian disarankan langsung menghubungi dokter. Sebuah luka tusukan meskipun kecil bisa menjadi serius jika terinfeksi. Panggil dokter untuk luka tersebut kecuali luka yang dialami sangat minor. Jika luka tusukan yang di alami tidak terlalu serius, barulah Tips Cara mengobati Luka tusuk bisa anda lakukan sendiri. Berikut adalah tanda-tanda cedera serius dan membutuhkan perawatan darurat :
  1. Jika terdapat darah yang keluar dari luka dengan deras – kemungkinan terjadi luka pada jaringan arteri.
  2. Mati rasa atau kesemutan di tungkai di luar luka – kemungkinan terjadi luka pada jaringan saraf.
  3. Kesulitan bergerak di sekitar luka – kemungkinan terjadi luka pada jaringan otot tendon.
Terkadang banyak orang menganggap luka tusuk yang di alaminya tidak terlalu serius, Memang biasanya ketika kaki atau tangan tertusuk akan mengalami rasa sakit cuma sebentar ketika darah sudah berhenti keluar. Tetapi bisa saja terjadi infeksi yang menyebabkan luka tusuk harus di rawat secara intensif. Untuk itu perlu di ketahui  tanda-tanda infeksi yang biasanya akan timbul dalam waktu 24 jam pasca terjadi Luka Tusuk:
  1. Demam
  2. Kemerahan
  3. Muncul nanah kekuningan
  4. Pembengkakan daerah sekitar luka
Tips Cara Mengobati Luka Tusuk
Apabila Tnada – tanda di atas muncul, maka segeralah pergi ke dokter ataupun rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Jika tidak, resiko infeksi meluas akan semakin besar. dan bisa saja terkena Tetanus. Anda tentunya tidak mau kaki atau tangan anda di amputasi karena sudah tidak bisa di tangani. untuk itu mencegah terjadinya tetanus lebih baik.
Jika Luka tusuk yang di alami tidak terlalu serius, atau mungkin saja luka tusuk tidak terlalu dalam, anda bisa mengobati sendiri dirumah dengan beberapa tips cara mengobati luka tusuk . Tip pengobatan Sederhana untuk Luka Tusukan meliputi :Jangan tekan luka kecuali berdarah dengan deras atau tekan untuk mengetahui apakah terjadiberbagi ilmu Pertolongan Pertama dengan teman-teman sekalian tentang Pertolongan Pertama Luka Tusuk namun dengan benda yang masih menancap pada luka tersebut.Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pertolongan Pertama pada luka tusuk harus segera dilakukan mengingat luka tusuk menyebabkan perdarahan luar dan perdarahan dalam yang dapat mengancam nyawa korban. Penanganan luka tusuk tanpa ada benda yang masih menancap sedikit lebih mudah menanganinya dibandingkan dengan yang masih ada benda yang menancap pada tubuh korban.Perlu cara khusus untuk hal ini, mengingat jika benda yang menusuk tersebut bisa berupa pisau, paku atau benda runcing lainnya apabila dicabut akan mengakibatkan luka dan perdarahan bertambah parah dan terjadi perdarahan luar yang sangat hebat.Untuk kasus seperti ini apabila teman-teman temukan, maka langkah-langkah pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk menolong korban tersebut adalah sebagai berikut:
  • Stabilkan benda yang menancap tersebut agar jangan bergerak karena bisa menyebabkan luka bertambah lebar dan parah. Gunakan tangan penolong untuk menjaga agar benda yang menancap tidak bergerak.
  • Jangan mencabut benda yang menancap tersebut!! Kecuali jika benda tersebut menancap di pipi korban (akan dibahas lebih lanjut).
  • Buka bagian yang luka sehingga terlihat dengan jelas oleh penolong.
  • Segera hentikan perdarahan dan ingat jangan sampai menekan benda yang menancap tersebut.
  • Stabilkan benda yang masih menancap tersebut dengan menggunakan penutup luka tebal, atau berbagai variasi misalnya membuat pola seperti donat dari pembalut mitela, pembalut gulung dan lainnya.
  • Jika mulai tampak tanda syok segera lakukan pertolongan pertama syok untuk korban.bisa menjaga oksigen, dan posisi aman nyaman.
  • Berusaha menjaga agar korban tetap tenang dan istirahat.
  • Segera bawa korban ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pertolongan medis selanjutnya.Satu hal yang harus diingat, ketika kita menemukan benda yang menancap tersebut sangat panjang sehingg menyulitkan kita untuk memberikan pertolongan pertama maka langkah yang harus diambil adalah memotong benda tersebut. Lakukan dengan sangat hati-hati agar benda tersebut tidak menyebabkan luka makin parah dan makin bertambah dalam. Jika teman-teman kesulitan untuk memotongnya mintalah bantuan kepada orang lain yang memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu seperti dokter atau penolong yang sudah terlatih.
  • Pastikan untuk diimunisasi agar terhindar dari tetanus
Luka tusuk merupakan penyebab awal infeksi yang serius, karena bisa saja bakteri ataupun kotoran yang ada pada paku ataupun tusuk sate masuk ke jaringan dalam tubuh kita. untuk itu perlu mendapatkan perawatan serius. Bila perlu anda harus mendapatkan suntikan ATS ( Anti Tetanus ) Untuk mencegah Tetanus. Semoga Tips cara mengobati luka tusuk yang saya bagikan bisa berguna bagi anda yang sedang menderita luka tusuk. ataupun anda bisa menyarankan dan membagikan artikel ini pada teman anda yang sedang menderita luka tusuk. Bagikan melalui Facebook, Twitter, atau melalui email juga bisa. Terima Kasih sudah berkunjung.






ADSENSE 336x280 bawah artikel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERTOLONGAN PERTAMA LUKA TUSUK "

Posting Komentar

FLOATING ADS